Tips Untuk Mengatasi Jerawat

Sebel ngga sih kalau tiba-tiba di wajah kita muncul jerawat. Apalagi kalau jerawatnya lama hilangnya, bisa-bisa membuat kepercayaan diri kita berkurang dan jadi mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Sebenarnya apa sih jerawat itu dan bagaimana bisa muncul jerawat? Jadi jerawat adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya lesi-lesi berbentuk nodul yang umumnya timbul pada daerah wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Jerawat dicirikan dengan adanya komedo yang terbentuk akibat penyumbatan folikel rambut oleh sekresi minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat kebanyakan dialami oleh individu yang berusia antara 14-19 tahun, walaupun terkadang juga dialami oleh mereka yang berusia 20-30an tahun dan ada kalanya muncul kembali pada saat menopause.

Jerawat umumnya timbul pada saat pubertas, dimana peningkatan kadar hormon terutama androgen, menstimulasi kelenjar sebasea, sehingga mengakibatkan produksi sebum/minyak secara berlebihan. Pada individu yang berusia 20-an awal hingga sekitar usia 25 tahun jerawat biasanya menghilang karena produksi hormon di usia ini sudah lebih stabil.

Jerawat bukan menandakan penderitanya kotor atau jorok, walaupun kebersihan yang buruk dapat memperburuk kondisi jerawat. Kecocokan dan efektivitas pengobatan jerawat untuk masing-masing orang berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor seperti penyebab, jenis kulit, usia, gaya hidup, perilaku hidup, pola makan, dan jenis/tipe jerawat itu sendiri.

Beberapa tips untuk mengatasi jerawat agar tidak tambah parah:
ü  Jangan sering-sering mencuci muka
ü  Jangan mencuci muka dengan sabun antiseptik, cukup dibasuh dengan sabun atau pengganti sabun yang bersifat ringan dan tidak membuat kulit kering.
ü  Hindari penggunaan astringent, scrub yang bersifat abrasif atau hars soaps.
ü  Singkirkan rambut dari wajah, terutama rambut yang beminyak karena dapat memperburuk kondisi pori-pori kulit yang tersumbat.
ü  Hindari penggunaan minyak atau produk kosmetik yang berbahan dasar minyak dan lemak karena dapat memperburuk kondisi jerawat.
ü  Gunakan produk kosmetik berbahan dasar air.
ü  Rajin untuk menghilangkan riasan make-up di wajah menggunakan gentle make-up remover sebelum tidur malam.
ü  Hindari memegang wajah dengan tangan atau jari-jari tangan.
ü  Jika jerawat tidak kunjung membaik segera periksakan dan berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Nah itu beberapa tips untuk mengatasi jerawat Anda agar tidak tambah parah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

No comments:

Post a Comment

Gejala Orang Yang Terkena Diabetes

Banyak orang yang tidak menyadari mereka mengidap diabetes karena setiap orang memiliki kepekaan yang berbeda-beda. Terkadang mereka sampai...